Monday, May 11, 2020

Gambar Teknik Otomotif/Wiring Diagram





Apabila rangkaian kelistrikan digambarkan dengan gambar benda aslinya, maka ilustrasinya akan menjadi sulit dan rumit untuk dimengerti. Oleh karena itu maka diagram rangkaian digambarkan dengan simbol yang menunjukkan komponen kelistrikan dan kabel-kabel. Sebagai contoh, diagram rangkaian yang termasuk baterai, sekering dan lampu adalah seperti ditunjukkan di bawah:

Dalam kendaraan yang sebenarnya, banyak sekali sistem kelistrikan, kabel-kabel dan konektor yang menghubungkannya. Bila melakukan pemeriksaan sistem kelistrikan, adalah mudah untuk menemukan baterai, macammacam komponen seperti lampu, klakson dan lain-lain tetapi sulit untuk mengidentifiasi sekering, junction block (J/B), relay block (R/B), konektor, kabel-kabel dan lain-lain demikian juga untuk menemukan lokasinya dikendaraan.

Oleh karena itu, maka dilengkapilah dengan Electrical Wiring Diagram (EWD) yang menunjukkan tidak hanya komponen utama tetapi juga junction block, konektor, kabel-kabel. Semua EWD untuk model kendaraan tertentu disatukan dalam satu buku khusus yang disebut Electrical Wiring Diagram Manual. Pada gambar di bawah diperlihatkan wiring diagram lampu belakang untuk corolla (AE9#)

Diagran Kelistrikan Tipe A

Diagram Kelistrikan Tipe B

Diagram Kelistrikan GM



Diagram Kelistrikan Toyota

LETAK EWD MANUAL
EWD Manual pada dasarnya terdiri dari tiga bagian:
● Wiring Diagram untuk masing-masing sistem
● Lokasi Relay dan jalur kabel
● Wiring Diagram keseluruhan
1. WIRING DIAGRAM
Wiring diagram menunjukkan sumber tenaga, rangkaian sistem dan grounding point untuk masing-masing sistem.
● Sumber tenaga
"Sumber tenaga" seperti pada referensi 1) rangkaian dari baterai ke sekring dan 2) beban tenaga yang menyatakan hubungan antara sekring dengan beban yang diperbolehkan.
● Rangkaian sistem
"Rangkaian sistem" seperti pada rangkaian dari sekring ke grounding point untuk masing-masing sistem (sistem pengapian, Rem, Lampu Rem dan lain-lain).
● Grounding point
Penjelasan ini menunjukkan rangkaian yang dihubungkan dengan grounding point dan dimana titik ini.


2. LOKASI RELAY DAN ROUTE KABEL
Bagian lokasi atau letak dan EWD manual menunjukkan lokasi junction block, relay block, relay dan sekering. Jalur kabel menggambarkan lokasi konektor, nama-nama bagian yang dihubungkan dan jalur wiring harness.

Konektor dan grourding point dapat di identifiasi dari lokasi relay atau jalur kabel pada wiring diagram kelistrikan seperti terlihat di bawah.


3. WIRING DIAGRAM KESELURUHAN
Wiring diagram keseluruhan menunjukkan hubungan antar sistem, tetapi hubungannya hanya ditunjukkan secara umum. Posisi grounding point juga secara umum ditunjukkan dalam diagram rangkaian.

No comments:

Post a Comment