1.
Yang bukan
termasuk komponen dari mekanisme pemindah gigi adalah:
a. Drum shift gear
b. Shift fork
c. Plat bintang
d. Lengan Pemindah Gigi
e. Input shaft
2.
a.
Crankshaft,
input shaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b.
Crankshaft,
output shaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c.
Crankshaft,
output shaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,kick starter
d.
Crankshaft, drum
shift gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e.
Crankshaft,
input shaft, drum shift gear&shift fork, output shaft, kick starter
3.
Untuk memperkaya
campuran bahan bakar pada saat kondisi udara di sekitar kita dingin adalah
fungsi dari:
a. Choke valve
d. Feed pump
b. A C
V e. Float
valve
c. fuel pump
4.
Urutan kerja
yang benar jika membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas
berikut ini adalah:
a. Disemprot dari arah: luar, dalam, luar, dst
b. Disemprot dari arah: dalam, luar, dalam, dst
c. Dicelup disolar, diperas, disemprot, dst
d. Disemprot, dilumasi oli, dst
e. Disemprot dari dalam, luar, dalam dan setelah itu
dilumasi pakai oli
5.
Pada saat mesin
putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas dibuka pada sepeda motor dengan
karburator jenis TPFC komponen yang bekerja adalah :
a. Fuel pump d. Air
srew
b. Slow
jet e. Trotel
stop srew
c. Main jet & pompa akselerasi
6.
Gunanya
pelampung pada karbutaror adalah
a.
Untuk mensuplai
pemasukan bensin pada putaran tinggi
b.
Untuk mengapung
di dalam cairan bahan bakar
c.
Untuk
mengatur volum bahan bakar di dalam ruang pelampung
d.
Untuk mengatur
tinggi rendahnya bahan bakar
e.
Untuk mensuplai
pemasukan bensin keluar ruang pelampung
7.
Campuran ideal
pada karburator adalah :
a. perbandingan 1:11 d.
Perbandingan 1:14
b. perbandingan 1:12 e. Perbandingan 1:15
c. perbandingan 1: 13
8.
Salah satu
penyebab terjadinya mesin berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak adalah
:
a. Banyak arang yang mengendap di dalam ruang bakar
b. Pemakaian tingkat panas busi yang keliru
c. Tekanan kompresi rendah
d. Campuran terlalu kaya
e. Ring oli bocor
9.
Rumus untuk
menghitung gaya adalah :
a. F = P x A d.
A = F x P
b. F = P /
A e.
P = F x A
c. F = A / P
10. Satuan dari tekanan adalah :
a. Newton d.
Ampere
b. Kpa
e. Watt
c. M2
11. Satuan dari luas penampang adalah :
a. Newton d.
Ampere
b. Kpa
e. Watt
c. M2
12. Diketahui gaya = 40 N, luas penampang = 40 mm 2 berapa
tekanan yang timbul ?
a. 1600
Kpa d.
1000 Kpa
b. 160
Kpa e.
100 Kpa
c. 16 Kpa
13. Berikut ini adalah komponen sistem pengapian kecuali :
a. Coil d.
Regulator
b. Busi e.
Platina
c. CDI
14. Prinsip kerja dari busi adalah :
a. Pengosongan muatan listrik pada kapasitor
b. Pengisian muatan listrik pada kapasitor
c. Mengubah gaya F menjadi percikan bunga api
d. Pengisian muatan listrik pada thyristor (SCR)
e. Salah semua
15. Komponen dalam CDI yang berfungsi sebagai saklar
elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian adalah:
a. Diode Zener d.
Tahanan
b. Diode e.
Platina
c. SCR
16. Fungsi sistem kopling pada sepeda motor
adalah :
a. Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b. Meneruskan dan memutuskan putaran roda
mesin
c. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros
engkol ke transmisi.
d. Meneruskan dan memutuskan putaran dari
poros engkol ke mesin.
e. Meneruskan dan memutuskan putaran dari
poros engkol ke roda belakang
17. Katup in dan ex dalam waktu yang bersamaan
tertekan adalah pengertian dari:
a. Over
size
b. Over
head
c. Over
houl
d. Over
action
e. Over laping
18. Suatu alat/sarana untuk merubah energi panas menjadi
energi gerak adalah pengertian:
a. Over
laping
b. Ketel
uap
c. Motor bakar
d. Siklus
e. Otomotif
19. Perhatikan nama-nama komponen di bawah ini:
1)
cam shaft
2) oil
pump
3) rocker
arm
4) spark
plug
5) drum
shift gear
6) input
shaft
7) piston
8) valve
9) crank
shaft
10) clutch
11) cylinder
12) output
shaft
komponen
apa saja yang terdapat pada blok mesin:
a. 1,3,5,7
b. 1,7,9,11
c. 2,5,7,12
d. 5,6,8,12
e. 5,10,11,12
20. Fungsi dari poros engkol adalah:
a. Pelengkap engine
b. Meneruskan gerak putar ke poros in put
transmisi
c. Meneruskan gerak putar ke poros out put transmisi
d. Merubah gerak translasi piston menjadi gerak putar
e. Penyeimbang beban mesin sepeda motor matic
1. Nama bagian-bagaian dari sistim pemindah tenaga sebagai berikut, Kecuali...
A. Kopling
B. Transmisi
C. Poros Penggerak
D. Penggerak Aksel
E. fly well
2. Fungsi kopling adalah...
A. Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
B. Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros
C. Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi
D. penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
E. Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
3. Fungsi transmisi sebagai berikut, kecuali :
A. Memungkinkan kendaraan berjalan perlahan-lahan pada gigi 4
B. Merubah dan mengatur moment putar dan putaran pada roda penggerak sesuai dengan kebutuhan (posisi 1, 2, 3 ……..n)
C. Memungkinkan kendaraan berhenti meskipun dalam keadaan mesin hidup (posisi netral)
D. Memungkinkan kendaraan berjalan mundur (posisi R . mundur)
E. Pengemudi bisa mengatur kecepatan kendaraan sesuai yang diinginkan
4. Bagaimana cara penyetelan kopling manual sepeda motor jenis sport….
A. Kendorkan mur pengunci, setel adjuster bolt 1/8-1/4 putaran, kencangkan mur pengunci
B. Kendorkan mur pengunci, setel adjuster bolt 1/4-1/2 putaran, kencangkan mur pengunci
C. Kendorkan mur pengunci, setel adjuster bolt 1/2-1 putaran, kencangkan mur pengunci
D. Kendorkan mur pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle 2-3cm
E. Kendorkan mur pengunci pada handle kopling, putar baut penyetel, jarak main bebas handle 4-5cm
5. Pada sepeda motor jenis cub, kopling manual berfungsi sebagai penghubung antara komponen …. Dengan….
A. Poros engkol dengan poros input transmisi
B. Poros engkol dengan poros output transmisi
C. Kopling centrifugal dengan poros input transmisi
D. Kopling centrifugal dengan poros output transmisi
E. Poros input dengan poros output transmisi
6. Komponen dibawah ini yang berfungsi untuk memutus dan mengubungkan putaran mesin ke transmisi adalah :
A. Poros engkol
B. Kopling (clutch)
C. Drive sprocket
D. Transmisi
E. Final drive
7. Di bawah ini adalah akibat kerusakan komponen kopling pada sistem transmisi otomatis. Bila sepeda motor automatic mengalami unjuk kerja lemah pada kecepatan tinggi, maka penyebabnya adalah ....
A. pegas clutch shoe patah
B. pegas driven face lemah
C. clutch shoe aus atau rusak
D. drive belt terlalu aus
E. weight rollers terlalu berat
8. Pergantian V-Belt Dilakukan Setiap KM?
A. 16000 KM
B. 20000 KM
C. 24000 KM
D. 18000 KM
E. 30000 KM
No comments:
Post a Comment